Cara Jogging yang Benar

Jogging dengan cara yang kurang tepat dapat memberi dampak dan ketegangan pada persendian Anda. Efek yang muncul biasanya adalah rasa sakit di lutut, pinggul, dan punggung, atau nyeri di bagian tumit setelah jogging. Untuk merasakan manfaat jogging yang telah disebutkan sebelumnya, sebaiknya Anda melakukan jogging dengan cara jogging yang benar agar setidaknya dapat menghindari kemungkinan cedera yang muncul dan membuat Anda tidak cepat lelah.

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan pada saat jogging adalah melakukan terlalu banyak loncatan, mengambil langkah yang terlalu besar, atau mendarat terlalu keras di bagian kaki. Masalah teknik umum lainnya termasuk jogging dengan kecepatan yang lambat (bahkan lebih lambat dibandingkan saat berjalan) atau terlalu sering meliuk-liukan badan saat berlari. Jika Anda sering melakukan kesalahan tersebut, maka sebaiknya coba simak terlebih dahulu teknik atau cara jogging yang benar berikut ini.

Kepala
Posisi kepala harus menghadap lurus ke depan dan tidak menunduk. Posisi kepala yang menghadap lurus akan membantu untuk menyelaraskan posisi leher dan punggung.

Bahu
Bahu harus diratakan dan diregangkan dengan benar sebelum jogging. Hal ini harus dilakukan agar tidak menguras energi dengan cepat. Bahu juga tidak tegang ataupun bergoyang untuk menghindari rasa sakit dan kekakuan otot yang tidak perlu setelah latihan.

Sikap Tubuh
Sikap tubuh tubuh saat jogging adalah berlari dengan posisi tegak, namun sedikit condong ke depan agar didapatkan postur tubuh yang seimbang. Sikap tubuh yang benar akan membantu memaksimalkan teknik pernapasan.

Pinggul
Pinggul harus diposisikan dengan benar untuk menghindari nyeri punggung bawah. Area tubuh ini berada di dekat pusat gravitasi sehingga sangat penting untuk menjaga agar seluruh tubuh tetap lurus. Posisi kepala dan badan yang sejajar juga akan menghasilkan postur pinggul yang tepat.

Lutut
Kaki adalah area tubuh yang paling penting saat jogging. Mengangkat lutut terlalu tinggi hanya akan membuang banyak energi, sehingga lutut tidak perlu diangkat tinggi pada saat jogging. Posisikan lutut dengan sedikit menekuk agar bisa meredam efek saat telapak kaki menyentuh tanah. Gunakan langkah kaki yang tidak terlalu panjang karena dapat membuat Anda cepat lelah.

Kaki
Bola kaki dan jari kaki tidak boleh sejajar saat menyentuh tanah.

Bola kaki adalah bagian di belakang jari kaki yang biasanya menjadi tumpuan pada saat menjinjit.

Bola kaki harus menyentuh tanah dengan ringan (lembut) terlebih dulu kemudian jari kaki mengarah ke bawah. Hanya bagian tersebut yang dijadikan tumpuan untuk pendaratan kaki saat jogging, tumit seharusnya tidak menyentuh tanah sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *